Cara Mengatasi Sinyal Jaringan Hp Tiba-Tiba Hilang


Sinyal merupakan hal yang sangat penting pada smartphone android, tanpa sinyal hp sobat tidak akan bisa bisa menelepon, maupun searching di mbah gogle. Namun ada saja gangguan sinyal hp yang tiba-tiba hilang dan akhirnya koneksi menjadi terputus, apalagi saat bermain game seperti mobile legends tiba-tiba sinyal hp terputus disitulah kesabaran Kita teruji.

Untuk itulah pada artikel kali ini, Saya akan memberikan cara supaya sinyal hp sobat bisa kembali normal, tapi sebelum kepembahasan, alangkah baiknya sobat mengetahui penyebab sinyal hp yang tiba-tiba hilang agar dapat meminimalisir terjadinya sinyal yang hilang. Berikut ini penyebabnya.

Penyebab Sinyal Hp Hilang

1.Diluar Area Sinyal
Penyebab pertama sinyal menjadi hilang adalah karena tempat yang sedang sobat diami tidak cocok.

2. Faktor Cuaca
Penyebab lain yang berdampak pada sinyal menjadi hilang adalah Cuaca yang sedang hujan, bila cuaca sedang hujan sebaiknya sobat tidak memainkan hp apalagi disaat petir menyambar, itu sangat berbahaya.

3. Operator Sedang Gangguan
Sayapun pernah mengalami hal ini, ketika itu koneksi jaringan tiba-tiba tidak ada saya mencoba untuk memperbaikinya, tetapi masih tidak bisa, ternyata sinyal hilang itu dikarenakan operator sedang gangguan dan akhirnya keesokan harinya jaringan kembali normal.

4. Mode Jaringan Hanya 3G/4G
Hal inilah yang sering terjadi oleh kebanyakan orang, mungkin saja jaringan ditempat sobat tidak mendukung 3G maupun 4G sehingga bila dipaksakan untuk menggunakan jaringan tersebut, sinyal semakin lama akan hilang

5. Kerusakan Hardware
Selanjutnya dikarenakan hardware/perangkat keras anda mengalami kerusakan, semisalnya hp sobat terjatuh keair dan alat penangkap sinyal menjadi tidak berfungsi.

6. Kerusakan Pada Software
Selain dari bagian hardware, bisa jadi smartphone sobat mengalami kerusakan pada software sehingga sinyal menjadi hilang, hal yang harus sobat lakukan adalah dengan cara memperbaikinya.

Cara Mengatasi Sinyal Yang Hilang

Setelah sobat mengetahui penyebab terjadinya sinyal hilang pada smartphone, langkah selanjutnya adalah dengan mengatasinya, bila sobat belum membaca penyebab hilangnya sinyal pada android, sebaiknya baca terlebih dahulu agar dapat dipahami, berikut ini cara mengatasi sinyal hp yang hilang :

1. Mengganti Koneksi Jaringan
Cara pertama yang dapat Sobat lakukan adalah dengan mengganti koneksi jaringan, mungkin saja ditempat sobat tidak menjangkau jaringan 4G LTE/3G, namun sobat memaksakan agar jaringan tetap 4G/3G, maka yang terjadi malah memperburuk sinyal. Langkah yang harus sobat lakukan adalah dengan mengganti mode jaringan secara otomatis agar dapat menjalankan sinyal dengan baik walaupun akan mendapatkan koneksi yang lelet 2G namun setidaknya sinyal bisa kembali menjadi normal.
Caranya : Masuk ke setelan/pengaturan -> lainnya -> setelah itu pilih jaringan seluler -> lalu sobat tekan jenis jaringan yang dipilih -> pilih jaringan mana yang ingin digunakan oleh sobat, sebaiknya pilih WCDMA/GSM (Auto) agar bisa otomatis menyesuaikan dengan lingkungan dan sinyal bisa kembali seperti semula.
2. Aktifkan Mode Pesawat
pada smartphone sobat pasti memiliki fitur bernama mode pesawat/airplane mode, namun apakah sobat tahu apa kegunaan fitur ini ? Dengan mengaktifkan mode pesawat, smartphone sobat tidak akan bisa menerima panggilan telepon maupun sms yang mana dapat mengurangi kinerja pada smartphone sehingga dapat memperkuat daya baterai, selain itu bila sobat mengaktifkan mode pesawat, sinyal akan menghilang terlebih dahulu dan akan muncul logo pesawat yang berarti telah aktif dan bila mode pesawat di nonaktifkan, maka sinyal akan kembali muncul seperti semula, cara ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal yang sering luplep dan hilang.
  • Cara yang pertama sobat tinggal tarik kebawah status bar sampai terlihat beberapa fitur, disana akan ada airplane mode/mode pesawat, sobat tinggal aktifkan fitur tersebut
  • Cara kedua dengan masuk ke setelan lalu pilih lainnya/more dan tekan airplane mode/mode pesawat.
3. Pindah Area Terjangkau
Cara mengatasi sinyal hilang yang ketiga adalah dengan berpindah area menuju jangkauan sinyal. Hali ini pernah terjadi pada smartphone Saya, saat itu saya sedang internetan di dalam rumah tepatnya dibawah namun entah kenapa sinyal menjadi turun dan sayapun akhirnya berpindah keata akhirnya sinyalpun kembali normal kembali.

4. Cabut Kartu SIM Dan Restar Smartphone
Bila sinyal masih belum kembali normal, sobat bisa mencabut SIM terlebih dahulu agar dapat kembali normal. Sebaiknya sebelum SIM dicabut, sobat harus menonaktifkan smartphone terlebih dahulu agar dapat berjalan lancar, setelah mematikan smartphone, sobat periksa SIM apakah baik-baik saja ataukah memiliki kecacatan, bila kartu SIM terdapat kecacatan sebaiknya sobat ganti SIM tersebut karena mungkin sudah tidak bisa berjalan dengan normal.

Bila kartu SIM baik-baik saja, maka sobat bisa memasukan kembali kartu tersebut dengan benar, lalu aktifkan kembali smartphone sobat, lalu cek sinyal apakah masih sepertu semula ataukah tidak, bila masih tidak muncul sinyal tersebut, sobat bisa lakukan cara lainnya.

5. Perbaiki Software/Hardware
Cara lain yang bisa sobat gunakan adalah dengan memperbaiki software atau hardware sobat. Sebelum itu bila sobat pernah melakukan upgrade versi software dan yang terjadi sinyal malah menjadi buruk setelah upgrade dibandingkan sebelum diupgrade, sebaiknya sobat melakukan downgrade agar dapat kembali seperti semula.

Selain software periksa juga hardware pada smartphone sobat, bila sebelumnya smartphone sobat pernah jatuh kedalam air maupun ketanah sehingga mengalami kerusakan, sebaiknya ganti harware yang rusak pada smartphone dan ganti oleh yang baru, bila sobat tidak bisa mengganti hardware smartphone tersebut, sebaiknya bawa ke service hp agar bisa diperbaiki.

6. Reset Kepengaturan  Pabrik
Cata lainnya yang dapat sobat lakukan adalaah dengan mereset smartphone ke pengaturan pabrik untuk menjadi seperti tampilan semula saat pembelian, namun sebelum mereset ke pengaturan pabrik, sebaiknya backup terlebih dahulu aplikasi yang menurut sobat penting, karena dengan mereset kepengaturan pabrik, semua data yang ada pada memori internal akan terhapus.
Baca Juga :


Caranya : Masuk ke pengaturan -> lalu scrool kebawah dan pilih Buat cadangan & setel ulang -> kembalikan ke setelan pabrik -> tekan setel ulang telepon -> lalu tekan hapus semua dan proses akan dimulai lalu tunggu hingga berhasil.

Itulah Cara untuk mengatasi sinyal yang hilang pada android, semoga saja cara yang saya bahas tadi bisa membantu sobat untuk memperbaiki sinyal yang hilang. Bila sobat memiliki cara lain maupun pertanyaan, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Sinyal Jaringan Hp Tiba-Tiba Hilang "

Post a Comment