Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android


Semakin berjalannya waktu, banyak sekali aplikasi maupun game baru yang hadir pada smartphone android, baik itu aplikasi yang membantu Kita dalam mengerjakan beberapa pekerjaan, ataupun game yang bisa membuat Kita terhibur maupun membuat Kita kesal karena mengalami kekalahan.

Mungkin sobat pernah mengalami aplikasi yang tiba-tiba keluar atau bisa disebut sebagai force close, atau pernah mengalami "sayangnya aplikasi telah berhenti"? Hal ini pastinya membuat Kita sangat kesal, serasa ingin membanting ponsel hingga pecah, namun apakah bisa diperbaiki ? tentunya sangat bisa, bahkan sangat mudah untuk mengatasi hal tersebut.

Sebelum kepembahasan, Saya ingin berbagi pengalaman aplikasi yang tiba-tiba terhenti. Beberapa waktu yang lalu, Saya membuka sebuah aplikasi pada ponsel, namun entah apa penyebabnya, aplikasi tiba-tiba keluar sendiri (force close) lalu menampilkan tulisan "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti", setelah hal tersebut terjadi, Saya mencoba untuk kembali membuka aplikasi tersebut, namun apa daya hal itu terjadi kembali hingga berulang-ulang.

Dilain waktu, Saya membuka aplikasi play store namun hal tersebut kembali terulang dan memunculkan tulisan "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti". Hal ini membuat Saya kesal sehingga Saya mencoba untuk mengulik smartphone dan akhirnya aplikasi bisa berjalan normal kembali.

Oleh karena itu pada artikel kali ini, Saya akan membagikan tips untuk mengatasi aplikasi yang tiba-tiba terhenti. Sebelum pada tahap cara mengatasi aplikasi yang terhenti tiba-tiba, alangkah baiknya sobat mengetahui penyebab-penyebabnya.

Penyebab Aplikasi Terhenti

1. RAM Penuh
Smartphone dengan RAM yang cukup kecil biasanya menjadi penyebab hal ini terjadi, karena RAM menjadi suatu patokan bagi smartphone untuk menjalankan berbagai aplikasi yang cukup banyak. Walaupun begitu, smartphone dengan RAM besar juga kadang merasakan hal ini terjadi.

2. Memori Hampir Habis
Selain disebabkan oleh RAM yang penuh, memori hampir habis juga bisa menjadi penyebab lain aplikasi menjadi terhenti, bila memori yang ada pada ponsel sudah hampir penuh/habis khususnya memori internal, maka kinerja ponsel akan semakin melambat dan hal inilah menjadi penyebab aplikasi terhenti.

3. Aplikasi Tidak Kompatibel
Mungkin sobat pernah melihat aplikasi tidak kompatibel di play store pada smarphone ? Nah bila sobat memaksakan untuk memasang aplikasi tersebut maka yang akan terjadi malah error pada aplikasi, walaupun aplikasi yang sobat instal berhasil dan dapat berjalan dengan baik, malah bisa merusak sistem pada smartphone sobat bila hal ini terus dilakukan.

4. File Cache Menumpuk
Cache yang menumpuk karena sudah lama tidak dihapus biasanya akan memperlambat ponsel sehingga bisa menyebabkan aplikasi menutup secara tiba-tiba.

5. Koneksi Internet Lambat
Faktor lain yang menyebabkan aplikasi terhenti secara tiba-tiba adalah koneksi internet yang lambat. Penyebab ini sudah pernah saya alami sendiri ketika koneksi internet yang sangat lambat sekali, sehingga aplikasi yang sedang Saya mainkan terhenti secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Setelah sobat mengetahui penyebab aplikasi yang berhenti secara tiba-tiba, sekarang waktunya untuk mengatasi hal tersebut dengan beberapa cara yang cukup mudah dilakukan, seperti apa ? Simak caranya.

1. Hapus Data & Cache Aplikasi
Cara pertama yang dapat sobat lakukan adalah dengan cara menghapus data & cache pada aplikasi yang sering berhenti tiba-tiba, cara ini tidak akan menyebabkan fatal, alangkah baiknya sobat menggunakan aplikasi pembersih otomatis seperti clean master. Namun untuk sobat yang ingin membersihkan cache dan data secara manual tanpa aplikasi bantuan apapun, sobat bisa melihat tata caranya dibawah ini.
Caranya : Buka setelan/pengaturan -> pilih aplikasi -> cari aplikasi mana yang ingin sobat perbaiki, disini Saya mencontohkan aplikasi ColorNote -> setelah itu, sobat tekan clear data/hapus data dan clear cache atau hapus cache.

2. Update Aplikasi
Cara lainnya yang bisa mengatasi aplikasi berhenti secara tiba-tiba adalah dengan cara mengupdate aplikasi ke versi paling baru. Biasanya pembaruan pada aplikasi akan semakin bagus dan akan memperbaiki beberapa bug/kesalahan yang terjadi pada aplikasi, jadi sebaiknya sobat upgrade aplikasi yang mengalami masalah tersebut ke versi paling baru dan sebaiknya mengupdate lewat play store agar lebih mudah dan bisa terhindar dari virus.

3. Reboot Android
Cara ketiga yang dapat sobat lakukan adalah dengan cara restart/reboot android, dengan cara ini, semua kinerja pada smartphone sobat akan terhenti otomatis, dengan kata lain RAM yang ada pada smartphone sobat bisa kembali lega dan memungkinkan aplikasi smartphone dapat kembali berjalan dengan semestinya. Caranya juga sangat mudah, sobat tinggal tekan tombol power beberapa detik hingga muncul notifikasi, setelah itu sobat pilih rebooot/restart.

4. Instal Kembali Aplikasi
Untuk cara keempat sobat bisa menginstal kembali aplikasi yang terus berhenti secara otomatis, dengan cara ini aplikasi yang tadi dihapus dapat kembali seperti semula. Sebelum menghapus aplikasi, sebaiknya sobat backup aplikasi terlebih dahulu agar bisa diinstall kembali.

Baca Juga :



Caranya : Masuk ke pengaturan/setelan -> buka aplikasi -> pilih palikasi mana yang selalu berhenti sendiri-> pilih uninstall/hapus aplikasi. Setelah selesai dilakukan, sekarang sobat install kembali aplikasi yang sudah di backup tadi.

5. Lakukan Factory Reset
Bila cara diatas masih belum bisa, sebaiknya sobat melakukan factory reset/mengembalikan smartphone ke setelan pabrik, bila sobat menggunakan cara ini, smartphone yang sobat gunakan sekarang dapat kembali menjadi seperti semula membeli.
Catatan : Cara ini dapat menghapus semua aplikasi, data/file yang ada dalam memori internal, maupun gmail, jadi sebaiknya sobat backup terlebih dahulu beberapa aplikasi dan data yang menurut sobat penting.


  • Buka terlebih dahulu pengaturan/setelan -> scrool kebawah lalu cari dan pilih buat cadangan & setel ulang/factory reset -> kembalikan ke setelan pabrik -> setel ulang telepon -> hapus semua.
Baca Juga :

Cara-cara yang Saya tulis pada artikel kali ini, itu semuanya sudah Saya coba sendiri dan hasilnya sangat memuaskan, aplikasi pada smartphone Saya yang awal mulanya sering berhenti/keluar secara tiba-tiba, Alhamdulillah kini aplikasi tersebut dapat berjalan normal kembali.

Semoga dengan cara tersebut, dapat membantu sobat dalam mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" maupun force close. Bila sobat memiliki tambahan atau pertanyaan mengenai cara mengatasi aplikasi yang berhenti secara tiba-tiba, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android"

Post a Comment